Uji Tes Otak Kiri dan Otak Kanan

Seperti kita ketahui bersama, otak manusia terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Sebagian besar orang cenderung untuk lebih banyak menggunakan salah satu belahan dibandingkan belahan lainnya. Relatif jarang orang yang bisa menggunakan keduanya secara berimbang.

Nah, sekarang pertanyaannya, manakah yang lebih banyak Anda gunakan? Kiri atau kanan? Ada banyak sekali rangkaian tes yang bisa digunakan untuk mengujinya. Salah satu uji yang relatif sederhana adalah dengan melihat gambar penari balet di bawah ini.

Bagaimana caranya?

Perhatikan arah putar penari balet itu. Menurut Anda, penari itu berputar searah jarum jam atau berlawanan?

Jika menurut Anda penari itu berputar searah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kanan Anda. Dan tentu saja hal yang sebaliknya berlaku, jika Anda melihat penari itu berputar berlawanan arah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kiri Anda.

Agar lebih jelas adapun Fungsi dari otak kiri dan kanan sebagai berikut :

Fungsi Otak Kanan

Otak kanan adalah otak yang berada disebelah kanan dalam posisi anatomis (frontal). Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut:

  • Perkembangan emosi (emotional quotient (EQ))
  • Hubungan antar manusia (sosialisasi)
  • Fungsi Komunikasi (perkembangan bahasa non verbal)
  • Perkembangan intuitif
  • Seni (menari, melukis, menyanyi dan lain-lain)
  • Mengandalikan ekspresi manusia
  • Pusat khayalan dan kreativitas
  • Berpikir lateral dan tidak terstruktur
  • Tidak memikirkan hal-hal secara detail
  • Cara kerjanya long term memory (memory jangka panjang)
  • Lebih ahli dalam menentukan ruang/tempat dan warna
  • Bila terjadi kerusakan pada area otak kanan yang terganggu adalah area kemampuan visual dan emosi

Fungsi Otak Kiri

Otak kiri adalah otak yang berada disebelah kiri dalam posisi anatomis (posisi frontal). Fungsi otak kiri adalah sebagai berikut:

  •  Perkembangan Intelegensi (intelligence quotient (IQ))
  • Pusat perkembangan logika dan rasio (seperti matematika)
  • Berpikir sacara sistematis
  • Bahasa verbal
  • Berpikir linear dan terstruktur
  • Berpikir analisis dan bertahap
  • Cara berpikirnya short term memory (memory jangka pendek)
  • Jika terjadi gangguan pada otak kiri, maka yang terganggu adalah fungsi berbicara, bahasa dan matematika

Fungsi otak kanan dan otak kiri pada manusia sebenarnya menyatu dalam satu kesatuan fungsi. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa, jika otak kiri aktif, maka otak kanan lebih tenang, demikian pula sebaliknya. Kerja otak kanan dan otak kiri sebenarnya saling mendukung, sebagaimana pentingnya fungsi memory jangka pendek dan memory jangka panjang. Sehingga tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak kiri, ataupun sebaliknya. Walaupun, pada sebagian orang, terkadang lebih deminan menggunakan area otak tertentu. Penggunaan dominasi area otak tertentu bagi individu, yang kemungkinan membedakan minat dan bakatnya.

Pengunjung yang baik selalu memberi komentar, apa komentar mu . .??
😀

Posted on April 28, 2013, in just share, Tips dan Trick and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. kayanya gambarnya berapa detik sekali berganti arah yah..,

  2. gambar itu bergerak ikt jam dan berlawanan cuma arah apa yg kita lihat

  3. semuanya tergantung dari sudut pandang kita,
    hal ini juga mencermiinkan bagaimana kita bisa melihat orang/sesuatu dari berbagai sudut pandang, jgn hanya melihat dari satu sudut pandang aja..😀
    makasi kunjungannya

  4. yew,,,,saya otak kanan

  5. saya bukan kanan bukan kiri😦 soalny dlm bbrp detik si penari balet udah ganti arah o.o bingung…

  6. terkadang saya suka merasa bingung kenapa harus ada perbedaan adanya antara otak kiri dan otak kanan..,padahal kan tuhan menciptakan manusia dengan sempurna.. jika ada seseorang yang relatif menggunakan otak kanannya.. apakah dia mungkin dapat menggunakan otak kiri nya meskipun itu hal yang sulit untuk dilakukan?

  7. x__x gak asik banget… kok aku otak kiri pdhal kan aku liatnya hanya lewat bayangan nya saja >.<

  8. gambarnya cuman ganti arah gerakan…….

  9. untuk gambar ada yang lain g’???????????????

  10. wah bingung juga sih, ada 2 arah, tapi kalau bisa fokus hanya ada 1 arah putar. kecuali gambarnya 3d haha
    itu bukan penari balet, pentilnya kelihatan

  11. kalo yang udah aku lihat penarinya berputar searah jarum jam terus

  12. kalau gitu artinya otak kiri lebih berkembang

  13. sya gak duax. abis si penarix selang brapa menitan brubah arah putaran. bkin bingung aja

  14. Kok mnrut pandangan sya gambarx berubah arah.. Dri yg prtama hingga akhir,

  15. Waduh, kan katanya sesuai sudut pandang kita.. saya coba memaksa untuk membuatnya berputar berlawanan koq g bisa ya? Yg saya liat malah si penari terus menerus berputar searah jarum jam..
    Mati kiri kali ya? x_x

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: