Pengertian dan Ukuran Petikemas (Container)

SEMANGAT PAGii …

😀

Postingan kali  ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang dunia kepelabuhanan, postingan terkahir kemarin saya membahas tentang Jenis dan fungsi pelabuhan. Nah kali ini kita akan lebih menjurus ke Pelabuhan jenis Petikemas atau container. Adapun pengertian dari pada Terminal Petikemas yaitu : Tempat penimbunan sementara petikemas ekspor dan impor, dilengkapi dengan peralatan handling peti kemas sesuai sandar pelayanan internasional, tersedia lapangan penumpukan yang memadai dan didukung sumber daya manusia yang handal serta dilengkapi dengan teknologi informasi dalam pengelolaan pelayanan peti kemas.

Petikemas (container) adalah satu kemasan yang dirancang secara khusus dengan ukuran tertentu, dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan dan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Filosofi di balik Petikemas adalah membungkus atau membawa muatan dalam peti-peti yang sama dan membuat semua kendaraan dapat mengangkutnya sebagai satu kesatuan, baik kendaraan itu berupa Kapal laut, kereta api, truk, atau angkutan lainnya, dan dapat membawanya secara cepat, aman, dan efisien atau bila mungkin, dari pintu ke pintu (door to door).

 

terminal petikemas

Selain itu peti kemas memiliki ukuran yang sudah ditetapkan dan di sepakati di dunia yaitu :

Ukuran Peti kemas

1.  Container 20’ Dry Freight (20 feet)

Ukuran luar          : 20’ (p) x 8’ (l) x 8’ 6” (t)
: 6.058 x 2.438 x 2.591 mAtau

Ukuran dalam      : 5.919 x 2.340 x 2.380 m

Kapasitas              : Cubic Capacity       : 33 Cbm

Pay Load                 : 22.1 ton

2. Container 40’ Dry Freight (40 feet)

Ukuran luar          : 40’ (p) x 8’ (l) x 8’ 6” (t)

Atau

: 12.192 x 2.438 x 2.591 m

Ukuran dalam      : 12.045 x 2.309 x 2.379 m

Kapasitas              : Cubic Capacity       : 67,3 Cbm

Pay Load                 : 27,396 ton

3. Container 40’ High Cube Dry

Ukuran luar          : 40’ (p) x 8’ (l) x 9’ 6” (t)

Atau

: 12.192 x 2.438 x 2.926 m

Ukuran dalam      : 12.045 x 2.347 x 2.684 m

Kapasitas              : Cubic Capacity       : 76 Cbm

Pay Load                 : 29,6 ton

 

Ukuran muatan dalam pembongkaran/pemuatan kapal peti kemas dinyatakan dalam TEU (twenty foot equivalent unit). Oleh karena ukuran standar dari peti kemas dimulai dari panjang 20 feet, maka satu peti kemas 20’ dinyatakan sebagai 1 TEU dan peti kemas 40’ dinyatakan sebagai 2 TEU atau sering juga dinyatakan delam FEU (fourty foot equivalent unit).

Semoga bermanfaat😀

Pengunjung yang baik selalu memberi komentar, apa komentar mu . .??
😀

Posted on Mei 2, 2013, in KEPELABUHANAN, Materi Kepelabuhanan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Tulisan ini sangat membantu dalam merencanakan kebutuhan jalan akses pelabuhan.
    Salam hormat kepada MdK16, terima kasih banyak telah berkenan membuat tulisan ini.

  2. perlu belajar juga ya terima kasih info ini sangat berguna

  3. bermanfaat bagi saya terima kasih

  4. sip gan
    buat nambah2 wawasan aja sih 😁

  1. Ping-balik: Keuntungan dan Kerugian Pemakaian Petikemas (Containerisasi) | MdK16

  2. Ping-balik: Keuntungan dan Kerugian Pemakaian Petikemas (Containerisasi) | mitra kontainer indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: