Pelabuhan Benoa Dibanjiri Kapal Pesiar

kapal pesiarSurabaya-Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) memastikan pada bulan Februari ini akan ada sembilan kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa, Bali.  Hal itu disampaikan oleh General Manager Pelindo III Cabang Benoa, Iwan Sabatini, Selasa (12/2).

“Kami sudah mendapat konfirmasi kepastian kedatangan sembilan kapal pesiar itu melalui agen-agen mereka di Indonesia,” jelas Iwan saat dihubungi lewat telepon.

Sembilan kapal pesiar yang akan singgah itu adalah Sevenseas Voyager, Pasific Venus, Silver Shadow, Silver Whisper, Selebrity Soltice, Rotterdam Cruise, Artania, Clipper Odyssey, dan Zegrahn Expedition

Menurutnya, sembilan kapal pesiar tersebut merupakan bagian dari 29 rencana kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa.  Tahun 2012 lalu, Pelabuhan Benoa mendapat kunjungan 35 kapal pesiar.

“Bali masih menjadi tujuan utama bagi kapal pesiar, walaupun jika dilihat dari rencana kunjungan tahun 2013 memang lebih sedikit dari realisasi kunjungan kapal pesiar tahun 2012 lalu, akan tetapi bisa saja jumlah tersebut bertambah atau bahkan berkurang,” tambahnya.

Sementara itu, manajemen Pelindo III sendiri telah mencatat akan ada 94 kunjungan kapal pesiar di seluruh wilayah kerja Pelindo III pada tahun 2013.  Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2012 lalu yang hanya 92 kapal pesiar. Secara nasional, tercatat akan ada 305 rencana kunjungan kapal pesiar yang akan masuk ke suluruh wilayah Indonesia.

Melihat kunjungan kapal pesiar yang semakin meningkat, Ketua Tim Kapal Pesiar Pelindo III, Sumitro Agus Budiarto menjelaskan bahwa saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan sepuluh pelabuhan sebagai pintu masuk kapal pesiar ke wilayah Indonesia.

Sepuluh pelabuhan itu meliputi Pelabuhan Benoa (Bali), Pelabuhan Celukan Bawang (Bali), Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar Sulawesi Selatan), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo Jawa Timur), Pelabuhan Sabang (Aceh), Pelabuhan Tanah Ampo (Bali), Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang Jawa Tengah), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya Jawa Timur), dan Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta).

“Dari sepuluh pelabuhan yang disiapkan, tujuh diantaranya berada dalam wilayah kerja Pelindo III,” jelas Sumitro.

Selama tahun 2012 lalu, Pelindo III membukukan pendapatan dari kunjungan kapal pesiar sebesar Rp12 miliar.  Jumlah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya sebesar Rp7 miliar.

 

sumber: http://www.majalahdermaga.com/articles/2013/02/12/februari-pelabuhan-benoa-dibanjiri-kapal-pesiar

Posted on Mei 5, 2013, in Seputar Pelabuhan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: