Cara Cepat Belajar Memainkan Gitar

Apa Kabaar temen – temen semua..
lama juga gak posting artikel, gara – gara sibuk sama kerjaan & kuliah . . .
nah kali ini saya akan berbagi ilmu cara cepat bermain gitar..
oke langsung aja ke TKP…
langkah :
1. Harus mempunyai tekad yang kuat untuk bisa bermain gitar…, jangan setengah – setengah.. OK
2. jika mau cepet bisa main gitar tentunya anda harus memiliki instrumen itu sendiri, makanya sebisa mungkin anda harus memiliki gitar. gak usah beli gitar yang mahal – mahal, cukup yang sederhana dulu.. Tapi kalau ada budget gede ya mending cari gitar yang lebih berkelas . . .😀
3. Nah kalau udah punya gitar, mulailah belajar menguasai kunci gitar ( Chord gitar), kalau boleh saya saranin mending belajar chord standar aja dulu seperti gambar dibawah ini !!!

kunci gitar standar

4. belajarlah pola nada yang mudah untuk melatih jari – jari tangan seperti : Em C G D atau  F C Am G dan lain sebagainya

5. Jika sudah merasa mahir dan hafal kunci gitar anda tinggal mencari kunci gitar dari pada lagu yang anda ingin kan😀

6. Perlu saya tekankan tidak ada sesuatu yang mudah, semua perlu kerja keras… So teruslah belajar dan semangat dalam latihan..

saya bantu dengan doa😀

berikut saya berikan kunci/chord gitar yang lengkap semoga bisa membantu😀

chord gitarchord guitar
Pengunjung yang baik selalu memberi komentar, apa komentar mu . .??
😀

Posted on Mei 14, 2013, in Tips dan Trick and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 33 Komentar.

  1. THANKS YAH BWT KNCI GTARX….:)

    • u’re welcome..😀

      • Klo main intro kunci2 nya tnggl di trunin2 aja y min ??? trus klo mainin lagu kunci asli lagunya gk sesuai ama mat gitarnya ,,, truss gmna tuh ??

      • masing2 intro lagu biasanya memiliki chord sendiri, tapi biasanya chord yang dipakai intro hampir sma dengan chord play lagunya..
        Jika ingin memainkan lagu yang sesuai dengan kunci aslinya, ada baiknya gitar di setem dengan nada standar E-A-D-G-B-E
        atau bisa juga download aplikasi gitar di perangkat android atau ios dengan nama guitar Tunner
        selamat mencoba
        makasi udah berkunjung😀

  2. Klo misalnya tangga nada gitar blm sesuai, bagaimana menyesuaikan tingkatan nadanya?

    • mungkin maksud agan Stem/Tuning gitarnya..
      untuk nada standar pada tiap-tiap senar gitar sbb:

      Senar 1 Bernada E (senar paling bawah)

      Senar 2 Bernada B

      Senar 3 Bernada G

      Senar 4 Bernada D

      Senar 5 Bernada A

      Senar 6 Bernada E (senar paling atas)

      adapun cara menStem gitar secara manual sbb:
      Berikut cara-caranya :

      pertama di stem senar 1 dulu, sesuaikan dengan filing anda.saran saya jangan terlalu kendur.

      stem senar 2:
      caranya pencet bar ke 5 pada snar 2, samakan suaranya pada senar 1.
      stem senar 3:
      caranya pencet bar ke 4 pada snar 3, samakan suaranya pada snar 2.
      stem senar 4:
      caranya pencet bar ke 5 pada snar 4, samakan suaranya pada snar 3.
      stem senar 5:
      caranya pencet bar ke 5 pada snar 5, samakan suaranya pada snar 4.
      stem senar 6:
      caranya pencet bar ke 5 pada senar 6, samakan suaranya pada snar 5.

      semoga bermanfaat😀

  3. trima ksih bro

  4. Apa yg dimaksud 9 fr, 10 fr dll.?

    • fret adalah pembatas yg memisahkan antar bar atau antar nada (do s/d si). biasanya terbuat dari logam
      9fr artinya fret ke 9, begitu juga 10fr= fret ke 10 dst
      Setiap gitar memiliki jumlah fret yang berbeda beda..
      Biasanya jmlah fret 19 s/d 23
      Trimakasih kunjunganny🙂

  5. Makasih pelajaran’y, sngt membantu😀

  6. trimakasih bnyak yeah.?

  7. thanks min buat kunci guitar nya

  8. Min mau nanya cara mindah kunci gita gmn ?? Kok kalo mau mindah itu pasti berhenti dulu trus baru benerin kunci gitarnya , ,

    • Proses belajar itu biasa gan..
      Belajar dari kunci yg mudah sj dulu
      Sprti : Em C G D
      Atau,
      Fokus dulu blajar mindahin kunci tanpa gesek gitar,
      Setelah lancar mindahin chordnya, baru di coba gabungkan dengan gesekan
      Trimakasi sudah berkunjung
      Semoga bermanfaat

  9. do’a in biar cepet bisa main gitar dhn lancar

  10. kalo saya lihat ada yg main letak tangannya sama, cuma pindah fret. itu chord apa ya?

    • Itu dinamakan Kunci Balok. Kunci balok sebenarnya adalah sebuah istilah untuk kunci gitar yang dimainkan dengan cara menempelkan jari telunjuk pada senar 1-senar 5 atau 6. Sebenarnya “kunci balok” maupun kunci biasa mempunyai suara yang sama, yang membedakan hanyalah karakter pada “kunci balok” lebih kuat, karena hampir semua senar kita petik.
      Dipostingan berikutnya akan saya bahas tutorial belajar kunci balok
      Trimakasih sudah berkunjung

  11. oke terima kasih dan saya tunggu postingan selanjutnya

  12. bagaimana kalau kunci f dengan krip berdiri???

  13. thankz buat informasi.a kawan

  14. Gan, kalo chord yang menekan nada di dua senar pake jari telunjuk dan kelingking, terus jari tengah sm jari manis buat nahan senar yang lain supaya ga bunyi, itu chord apa ya?

    Thx gan..

  15. Mau nanya gimana cara main kn genjrengan,,kebawah berpa kali,ka atas berapa kali,,?

  16. Trimakasih kawaan

  1. Ping-balik: Cara Menyetem Gitar | MdK16

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: