Alat Bantu Bongkar Muat

Apa kabar semua..
kali ini aya akan berbagi ilmu mengenai proses bongkar muat barang di pelabuhan, dimana dalam proses ini sangat diperlukannya alat guna menunjang proses kegiatan ini berlangsung.
Oke langsung aja kita bahas mengenai alat bantu dalam proses ongkar muat.

<<<cekidoT>>>

Alat Bantu bongkar muat diartikan sebagai alat bantu yang dapat dipakai untuk kelancaran kegiatan membongkar barang dari kapal ke darat atau sebaliknya. Dengan pemakaian alat bantu bongkar muat yang sesuai dengan jenis barang yang akan dibongkar atau dimuat, maka kinerja akan lebih efektif dan efisien.

Alat bantu bongkar muat dibagi dalam 2 (dua) kelompok, yaitu :

A. Kelengkapan alat bantu bongkar muat pada kapal;

B. Kelengkapan alat bantu bongkar muat di pelabuhan

alat bongkar muat

A. Kelengkapan alat bantu bongkar muat pada kapal

Dalam proses bongkar muat, kapal dilengkapi dengan beberapa alat yang berfungsi untuk membantu dalam pekerjaannya. Alat-alat ini berfungsi untuk mempermudah kegiatan bongkar muat, dan juga untuk menjamin keselamatan dari barang yang diangkutnya. Adapun beberapa alat yang dimaksud adalah:

1. Ramp door

Alat ini umumnya terdapat pada kapal jenis RORO (Roll On Roll Out), merupakan jenis kapal yang diperuntukkan untuk mengangkut berbagai jenis kendaraan. Fungsi dari Ramp Door ini adalah sebagai jembatan penghubung antara dermaga dan kapal. Ramp door umumnya terletak pada haluan atau buritan kapal, saat merapat di dermaga ramp door akan membuka kebawah layaknya gerbang benteng pertahanan zaman ksatria berkuda. Saat ramp door terbuka, maka kendaraan akan keluar dari lambung kapal, layaknya anak-anak arwana yang baru menetas keluar dari mulut induknya.

rump door

 

 

 

 

 

2. Crane Kapal (Ship Gear)

Alat ini biasanya terletak dibagian tengah kapal, berfungsi untuk mengangkat cargo dari palka kapal, kemudian dipindahkan ke dermaga. Lengan dari crane kapal harus cukup panjang, sehingga dapat memindahkan dari palka ke dermaga. Sistem yang digunakan pada crane kapal serupa dengan crane pada umumnya, yakni menggunakan kabel baja, dengan motor sebagai penggeraknya dan berbagai ukuran pully sebagai pemindah dayanya.

crane kapal

3. Hook crane

Hook terletak pada ujung kabel crane, dan berfungsi untuk dikaitkan pada beban atau muatan.

hook crane

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Jala-jala kapal

Fungsinya tidak kalah penting dalam proses bongkar muat barang. Jala-jala kapal berfungsi dalam kegiatan bongkar muat bag cargo, box cargo, dsb. Jala-jala di hamparkan kemudian cargo diletakkan diatas jala-jala, lalu jala-jala ditutup dan dikaitkan pada hook crane.

jala jala

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Spreader

Kegunaannya amat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat. Spreader tersedia dengan berbagai kegunaan, yaitu spreader untuk petikemas, spreader beam untuk general cargo, dan clamp untuk curah kering. Dengan menggunakan spreader, kecepatan bongkar muat akan meningkat, ex:  spreader beam dapat mengangkat dua jala-jala lambung sekaligus sekali angkat. Namun pada hakekatnya, penggunaan spreader harus disesuaikan dengan SWL (Safe Working Load) pada setiap crane.

spreader

B. Kelengkapan alat bantu bongkar muat di pelabuhan

Dalam kegiatannya, upaya bongkar / muat kapal atau biasa disebut stevedoring menggunakan alat bantu untuk mempercepat prosesnya.  Adapun peralatan yang digunakan diantaranya :

1. Mobile Crane

Mobile Crane adalah alat bongkar muat berbentuk truk yang menggendong crane pada punggungnya. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bongkar / muat barang berupa container maupun bag cargo. Umumnya mobile crane digunakan untuk menggantikan peran crane kapal (ship gear). Kapasitas mobile crane bervariasi, bahkan ada yang mencapai 65 Ton atau dengan kata lain sanggup mengangkat container berukuran 20 ft full. Kato,Tadano, Sumitomo dan IHI adalah beberapa merk monile crane yang biasa digunakan.

mobile crane

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Crane kapal (ship gear)

Untuk kepraktisan, kapal cargo umumnya dilengkapi dengan crane kapal (ship gear). Crane kapal harus dapat digunakan dalam melakukan kegiatan stevedoring baik untuk barang berjenis container, maupun bag cargo (dengan menggunakan jala-jala).

shipcrane

 

 

 

 

 

 

 

3. Gantry Crane (Container Crane)

Gantry crane merupakan alat bongkar muat yang khusus untuk menangani container. Dengan menggunakan gantry crane, kegiatan bongkar muat jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan mobile crane maupun crane kapal. Dengan menggunakan gantry crane, produktivitas bongkar muat jauh lebih tinggi, karena dengan menggunakan gantry crane sanggup untuk mengangkat 2 s/d 4 container ukuran 20 feet sekaligus.

container crane

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Level Luffing Gantry Crane (LLGC)

Merupakan jenis lain dari alat bongkar muat di pelabuhan. berbentuk seperti crane kapal, namun terletak di dermaga. Beberapa menggunakan rel atau roda sebagai sarana untuk berpindah tempatnya. Alat ini dapat digunakan untuk berbagai jenis cargo, seperti container, bag carge, maupun curah kering (dengan penambahan alat tertentu).

llgc

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masih banyak lagi alat bantu dalam proses menunjang kegiatan bongkar muat, seperti forklift, hover, sling, ganco dan lain sebagainya.

Untuk postingan kali ini mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan.

Semoga bermanfaat

😀

Pengunjung yang baik selalu memberikan komentar,
so jangan lupa komentar ya..

Posted on Oktober 12, 2013, in aLL categories, KEPELABUHANAN, Materi Kepelabuhanan, Seputar Pelabuhan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. mantap..:)

  2. Makasih infonya. Sangat berguna. two thumbs up!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: