Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah, Size & Warna

Bagaimana memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah, size dan warna? Ada beberapa artikel yang membahas tentang panduan memilih kacamata, tapi kebanyakan hanya berdasarkan bentuk wajah atau warna saja. Di sini akan dibahas secara lebih lengkap berdasarkan size (ukuran) kacamata juga. Dijamin terpercaya, karena narasumber adalah dari pakarnya langsung. Agan siap?

Langkah-Langkah dalam Memilih Kacamata

Ada 3 langkah dalam memilih kacamata:

Pertama, perhatikan bentuk wajah agan. Bentuk wajah setiap orang berbeda-beda yang menyebabkan ragam kacamata dengan bentuk yang berbeda-beda menjadikan daya tarik tersendiri. Beberapa orang tampak ganteng/cantik jika memakai kacamata dengan bentuk yang pas dengan bentuk wajahnya. Tapi tak sedikit pula yang malah terlihat jelek atau tampak culun jika memakai kacamata yang tak sesuai. Pemilihan bentuk frame berdasarkan bentuk wajah sangat berguna dari segi kosmetik atau fashion. Jadi perhatikan bentuk kacamata agan jika agan peduli dengan fashion

Kedua, berdasarkan size (ukuran) frame (bingkai) kacamata. Size kacamata tidak hanya berpengaruh dari segi fashion tapi juga berpengaruh dari segi kesehatan dan kenyamanan. Size yang terlalu lebar atau kecil mungkin akan tampak aneh di wajah agan. Tapi dengan size yang kelebaran atau kesempitan juga akan mempengaruhi kenyamanan pemakai misalnya sering melorot, terlalu menekan samping kepala dekat telinga atau fokus yang tak tepat pada lensa dan mata agan, hal terakhir ini malah sangat tidak nyaman dan berpengaruh pada kesehatan mata agan selanjutnya karena jika salah fokus bisa menyebabkan pandangan yang kurang jelas dan bahkan pusing.

Ketiga, pilih warna yang sesuai dengan warna kulit, rambut atau pakaian agan. Pilihan warna juga berpengaruh dari segi fashion, tapi tidak berpengaruh dari segi kesehatan. Jika agan tidak tahu atau bingung dalam hal warna, saran saya pilih hitam. Hitam adalah warna netral kacamata yang cocok bagi segala jenis warna kulit, rambut, atau pakaian.

Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Ada 5 bentuk dasar wajah: kotak, hati, bundar, oval, dan pear. Pilih bentuk frame yang setidaknya berlawanan dengan bentuk wajah agan. Misalnya wajah bundar lebih baik menggunakan frame kotak dan wajah kotak lebih baik menggunakan frame bundar. Lihat contoh gambar di bawah.

Kacamata untuk Bentuk Wajah Kotak

10409240_10203536465396287_2065892014574728731_n

Contoh frame: Moscot Vilda (pria) – Moscot Miltzen (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Hati

11041790_10203536466996327_4476581761492223927_n

Contoh frame: Rayban Clubmaster atau Moscot Yukel (pria) – Moscot Hyman (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Bundar

11048280_10203536467956351_5644795891716431712_n

Contoh frame: Nike 7617/Rayban Clubmaster Square (pria) – Bvlgari 3157B (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Oval

1654399_10203536468476364_4980235556980828184_n

Contoh frame: Rayban Clubmaster atau Moscot Yukel (pria) – Rayban Wayfarer atau Moscot Hyman (wanita)

Kacamata untuk Bentuk Wajah Pear

14067_10203536469316385_9037873461802594317_n

Contoh frame: Moscot Lemtosh (pria) – Moscot Vilda (wanita)

Cara Memilih Kacamata Berdasarkan Size Kacamata

Size kacamata biasanya terdiri dari size lensa (ukuran horizontal/lebar lensa) dan size bridge (ukuran lebar jembatan hidung.

Size lensa dari segi kesehatan berguna agar agan bisa menempatkan posisi pupil mata agan tepat di tengah fokus lensa, ini berguna agar penglihatan agan lebih nyaman dan fokus. Size lensa erat kaitannya dengan PD (Pupilary Distance; jarak antar pupil kanan-kiri). Untuk selengkapnya silakan lihat spoiler “cara mengukur PD”. Size lensa dari segi fashion juga berguna bagi agan yang memiliki koreksi minus/plus tinggi. Bagi agan yang minus/plus tinggi sebaiknya pilih kacamata yang sizenya kecil atau framenya tebal, ini berfungsi untuk menutup ketebalan lensa sehingga tidak terlalu nampak.

Size bridge berguna agar agan dapat menentukan kenyamanan posisi kacamata pada hidung agan. Bagi agan yang berhidung pesek (maaf) pilihlah frame dengan bridge kecil atau dengan nosepad (bantalan hidung) yang bisa distel, agar posisi nosepad dapat disesuaikan dudukannya dengan hidung agan.

Size kacamata biasanya tertera di sisi dalam gagang kacamata, tapi ada juga yang tertera di bridge (jembatan hidung) atau di nosepad (bantalan hidung) pada frame plastik. Selain size lensa & bridge, ada juga size temple length (panjang tangkai) dan vertical lens (tinggi lensa). Tapi tinggi lensa tidak tertera di bagian frame. Kenapa? karena ini tidak begitu pengaruh terhadap fokus mata agan. penentuan tinggi lensa hanya berguna bagi mereka pengguna lensa progressive (lensa multi fokus) yang akan saya bahas pada thread selanjutnya (jika sempat). Banyak customer saya yang menanyakan berapa panjang tangkai dan atau vertikal lensanya. Saya katakan sekali lagi, ini tidaklah terlalu penting! Panjang tangkai dibuat oleh produsen secara proporsional pastinya, mereka tidak asal membuat. Panjang tangkai pada umumnya disesuaikan dengan bentuk dan size frame dan hampir semua bingkai kacamata panjang tangkainya 135-145 mm. Kenapa tidak terlalu penting? Karena panjang tangkai bisa distel, dengan cara dibengkokkan atau diluruskan agar mendapatkan size yang sesuai dengan kepala kita. Begitupun dengan vertikal (tinggi) lensa. vertikal lensa biasanya dibuat secara proporsional dengan size frame yang ada. Ada customer saya yang minta frame size 48 dengan vertikal 36 (dalam satuan mm; milimeter) ini sangat aneh, sangat-sangat tidak proporsional. Coba agan ambil penggaris dan gambar/bayangkan bentuknya! Jadi, saran saya tidak usah menanyakan vertikal lensa atau meminta sesuatu yang tidak proporsional, karena bukannya keren malah akan jadi tampak aneh.

Sudah lumayan ada gambaran kan untuk menentukan kacamata,
Sekarang tinggal beli deh..
Bingung mau beli dimana??

Saya kasi referensi, tempat penjualan kacamata branded dengan kualitas yang OKE..
kunjungi Instagram dan Facebook @hi_sunglassesatau invite pin BBMnya : 5FE8BE81

new logo hisunglasses png

cara order

Posted on Juni 16, 2016, in aLL categories. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: