Kumpulan Soal Ekonomi Pembangunan

1. Dampak seperti apa yang ditimbulkan oleh dualism tekhnologi terhadap keharmonisan proses pembangunan?

Jawab : Dampak yang ditimbulkan oleh dualisme teknologi menyebabkan mekanisme pasar tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan ketidaksempurnaan mekanisme pasar ini selanjutnya akan mengakibatkan sumber daya – sumber daya yang tersedia tidak dapat digunakan secara efisien. Disamping itu penggunaan teknologi yang terlalu tinggi disektor modern mempersulit proses perkembangan kesempatan kerja disektor modern dan hal ini menambah kerumitan masalah pengangguran yang dihadapi dan akan memperbesar jurang pendapatan antara sektor-sektor ekonomi yang lebih modern dengan sektor-sektor ekonomi yang tradisional.

2. Apa saja hambatan Negara berkembang dalam mengembangkan perekonomiannya?

Jawab : Hambatannya adalah pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi, membuat produktivitas sektor produksi menjadi rendah dan pengangguran bertambah.

3. Sebutkan ciri masyarakat tradisional terhadap pembangunan? Sebutkan dampak positif dan negatifnya!

Jawab : Ciri masyarakat tradisional adalah penggunaan tekhnologi sangat rendah, sehingga hasil produksi sangat minim. Hal ini dapat menimbulkan dampak positif dan negative. Dampak positifnya adalah penyerapan tenaga kerja sangat banyak dapat mengurangi pengangguran, dampak negatifnya adalah tingkat produksi sangat rendah.

4. Menurut anda, bagaimana caranya agar jurang pemisah antara si kaya dan si miskin tidak mencolok?

Jawab :  Menambah anggaran pendidikan dari hasil pajak. Contohnya menggalakkan Wajib Belajar 9 tahun dengan menggratiskan SPP sekolah, memberikan beasiswa bagi pelajar kurang mampu dan beprestasi. Sehingga nantinya si miskin dapat bersekolah dan meningkatkan kualitas dirinya agar dapat bersaing dalam mencari kerja, dan akhirnya dapat menimalisir jarak antara si miskin dan si kaya.

5. Apa cara yang efektif untuk membuat ekonomi pasar kembali berfungsi agar Sumber Daya lebih efisien?

Jawab : Pengalokasian barang dan jasa dalam suatu masyarakat dilakukan melalui 2 jenis mekanisme, yaitu : Mekanisme pasar dan mekanisme birokrasi. Dengan sejumlah  kondisi yang disyaratkan, mekanisme pasar dianggap sebagai mekanisme yang dapat mendorong pemakaian sumber daya yang lebih efisien, karena mekanisme pasar adalah kecenderungan dalam pasar bebas untuk terjadinya perubahan harga sampai pasar menjadi seimbang (jumlah yang ditawarkan sama dengan jumlah yang diminta). Namun kegagalan pasar juga bisa terjadi dalam pengalokasian sejumlah barang dan jasa. Ini bisa disebabkan karena adanya public goods beserta eksternalitasnya. Jenis barang dan jasa inilah (beserta mixed goods) yang akan didistribusikan melalui mekanisme birokrasi.

Karena mekanisme pasar yang berbeda, harga pasar yang tercapai pun menjadi berbeda – beda. Kadang – kadang harga yang terbentuk di pasar bisa menyebabkan kerugian bagi konsumen atau bahkan kerugian bagi produsen juga. Oleh karena itu, pemerintah dalam batas-batas tertentu terkadang perlu melakukan intervensi dalam pembentukan harga dengan tujuan harga yang terbentuk tidak akan merugikan konsumen maupun produsen. Hal yang biasanya dilakukan pemerintah antara lain adalah: penentuan harga eceran tertinggi, penentuan harga eceran terendah, penetapan pajak, serta pemberian subsidi.

Mekanisme pasar tidak dapat berfungsi tanpa keberadaan aturan yang dibuat pemerintah. Peranan pemerintah menjadi lebih penting karena mekanisme pasar saja tidak bisa menyelesaikan semua persoalan ekonomi. Untuk menjamin efisiensi, pemerataan dan stabilitas ekonomi, peran dan fungsi negara mutlak diperlukan dalam perekonomian sebagai pengendali mekanisme pasar. Walaupun dalam sistem ekonomi pasar, masalah ekonomi utama diserahkan kepada mekanisme pasar, namun  pada beberapa kasus tertentu pemerintah tetap harus campur tangan untuk menghindari kekacauan dalam bidang ekonomi.

6. Diantara Padat Karya dan Padat Modal, manakah yang paling baik untuk mengembangkan Negara kita ini?

Jawab : Menurut pendapat kami, Indonesia sebaiknya menggunakan Padat Karya, karena tingkat pengangguran di Negara kita ini sangat tinggi. Sehingga nantinya pengangguran dapat dikurangi dengan adanya lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja.

7. Apa yang dimaksud dengan efek dualism terhadap pasar?

Jawab : Efek dualisme terhadap pasar maksudnya adalah permintaan pasar dapat terpenuhi secara konsisten sehingga kegiatan ekonomi pasar berjalan dengan baik, namun dampak negatifnya terhadap tenaga kerja adalah minim.

8. Mengapa tingkat pertumbuhan yang besar tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi jika dibandingkan dengan Negara China?

Jawab : Karena pemerintah dan masyarakat China dapat memaksimalkan dan memanfaatkan semaksimal mungkin SDM yang ada, sehingga pertumbuhan penduduk yang tinggi berjalan seimbang dengan pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan.

9. Bagaimana cara mempercepat produksi bahan makanan untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk?

Jawab : Meningkatkan sektor sektor produksi degan mempercepat maupun menambah industry makanan melalui penanaman modal dari investor asing.

10. Apa maksud dari masyarakat masih bersifat feodal?

Jawab : Masyarakat masih bersifat feodal adalah pandangan masyarakat yang berlebihan terhadap penguasa maupun pejabat birokrat, dengan kata lain masyarakat tersebut mendewakan para pejabat.

Posted on April 28, 2013, in KEPELABUHANAN, Materi Kepelabuhanan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: